Langsung ke konten utama

Postingan

“Melihat Sekolah” (teori persekolahan)

“Melihat Sekolah” Ada 3 perspektif, 1.       Struktural fungsional 2.       Konflik 3.       Interaksionis simbolik 1.     Struktural Fungsional Sekolah mempunyai struktur atau fungsi yang dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia dan masyarakat. Ada nilai, norma, strata, pranata, peran, status, stratifikasi pada struktur masayarakat (ilmu sosiologi). Pada struktur sekolah, ada fungsi, peran, struktur. Proses sosial untuk dapat berperan sebagaimana mesthinya disebut sosialisasi. Sosialisasi berkaitan dengan proses belajar, tentang ketrampilan, nilai, pengetahuan. Sosialisasi juga sebagai proses interaksi sosial. Tujuan sosialisasi adalah 1) proses menjadi personality, menjadi self, 2) pelestarian budaya. Agen sosialisasi antara lain: 1) keluarga, 2) sekolah, 3) teman sebaya, 40 media. Fungsi keluarga adalah 1) pendidikan awal, 2) pemeliharaan/ perawatan, 3) status atau labe...

Pendidikan Terbuka: Open Education and Home schooling

Kelebihan 1)         Open Education (1)    Metode pembelajaran terbuka efektif dilaksanakan pada negara berkembang sebagaimana laporan Hall (1991:187) (2)    Penelitian Hatzipanagos and Gregson (2015: 3), Manfaat potensial utama yang dirasakan dari OERs (Open Educational Resources) adalah meningkatkan pembelajaran dan sedikit menghemat waktu akademis untuk mengembangkan materi / konten. (3)    Hasil penelitian Elfa, dkk (2015:1) menggambarkan bahwa secara keseluruhan, siswa dan pendidik yang positif tentang penggunaan OER menganggap bahwa pendekatan ini adalah cara baru untuk belajar, dan mereka menghargai kenyataan bahwa OER yang gratis dan mudah untuk mengakses. (4)    Sebagai wahana pengembangan pendidikan yang merdeka, demokratis, memberikan pilihan belajar sesuai minat, bakat, keadaan siswa, keluarga, dan lingkungan (5)    Kelas terbuka, di mana peserta didik bebas untuk memulai dan me...

Belajar tentang Konsep Pendidikan Driyarkara

1)       Driyarkara Kelebihan (1)      Men e k a nk a n p e n did i k a n b e rj e nja n g untuk ten a g a p e rtuk a n g a n, k e p e raw a t a n, p e n g a ir a n pada SMK dan p e ndid i k a n g u r u g u na menj a m i n kompet e nsi d a n ku a l i fik a si g u r u d a n dose n . ( S ub a n a r, 20 1 3: 20) (2)      Merumuskan p e ndid i k a n  k a rakter, p e n g a l a man b e rm a kna atau “ B udi P e k e rti d a n P e ndid i k a n ( J uni 1954) ( S ub a n a r, 2013: 22). P e ndid i k a n k a r a kt e r me m pu n y a i r e lev a nsi n y a d a l a m p a nd a ng a n D r i y a r k a r a tent a ng “ manusia a d a lah k a w a n b a g i s e s a me ” .   Man u sia  m e r up a k a n  homo   homini   sociu s (3)      D r i y a rkara b e rp e n d a p a t p e ndid i k a n a d a lah f e no m e na fund a m e ntal a tau a s a si d a lam k e hid...