Langsung ke konten utama

CAKRA MANGGILINGAN: Landasan Kurikulum

Landasan Pengembangan Kurikulum  (2)

Pertemuan kedua Prof Dr Marsigit, M.A. (150317)  diawali dengan memberi tes singkat, tentang padanan kata. Berikut ini beberapa materi soal dan jawabannya di mana tekstual menggambarkan konteksnya (mengacu pada filsafat).

Belajar = membangun
Mengajar = memfasilitasi
Guru = fasilitator
Murid = subjek
Logika = konsisten
Nyata = cocok
Cerdas = santun
Pikiran = rasio
Pancaindera = persepsi
Formal = bentuk
Penilaian = mencatat
Serius = intens
Waktu = relatif
Mengulang = siklik
Mengurangi = reduksi
Menambah = sintesis
Tetap = ideal
Berubah = realita
Diabaikan = ephoce
Sama = identic
Beda = kontradiktif
Fakultas = kemampuan
Nol = tiada
Satu = esa
Banyak = plural
Kecil = mikro
Besar = makro
Di sana =di luar
Di sini = di dalam
Di atas = langit
Di bawah = bumi
Berhenti = mitos
Terus = kontinyu
Membaca = terjemah
Menulis = direct
Menyerah = fatal
Ikhtiar = vitasl
Dalam = intensif
Luas = ekstensif
Di luar pikiran = transedental
Kontradiksi = paradox
Interaksi = hermeneutika
Sekolah = aliran
Bijaksana = keputusan

Ketika kita memilih “fasilitator” itu berarti memikirkan ‘fasilitator”, yang diucapkan adalah bentuknya, bentuk itu bisa ucapan, tulisan, atau hasil. Konsep yang paling dasar adalah FORMAL atau wadah/ sintaks, dan SUBSTANSI atau ISI atau SEMANTIK. Misal ketika kita mengucapkan “membaca” dengan tulisan “membaca” pada tulisan adalah berbeda. Tulisan adalah semantic, substansi, isi, sedangkan yang DIUCAPKAN adalah bentuk/ WADAH nya, FORMALnya/ sintaksnya.




 Setelah konsep dasar, dapat dibuat NOTION, ungkapan-ungkapan sebagai CONTOH yang terikat ruang dan waktu. Contoh bagian dari KASUS, dan kasus bagian dari Model. Di atas model ada Rumus, di atas rumus ada teori. Di atas teori ada paradigm. Kumpulan dari paradigma adalah filsafat di mana terdapat ideology di antaranya. Yang terluar adalah spiritual.
Antara sekarang yang di sini dan sekarang di sana itu berbeda. Guru antara di sini dan di sana itu berbeda. Mitos itu diperlukan, sebagaimana anak kecil makan, tidur…melaksanakan meskipun tidak memahami.
Kehidupan Ini dapat dianggap sebagai “dunia”, “bola”, sebagai lingkaran CAKRA. Hidup itu MENGULANG, tiap saat ada SIKLIK, ada yang diREDUKSI, ada yang dieliminasi, dikorbankan, Kehidupan juga bersifat LINEAR-kontemporer-tidak bisa mengulang. Perlu keseimbangan antara SIKLIK dan LINEAR- melalui rasa SYUKUR.
Hidup itu CAKRA MANGGILINGAN - berputar - kadang di atas kadang di bawah. Untuk itu perlu silaturahim- interaksi-HERMENEUTIKA. (Perlu kajian tentang the power of silaturahim, model pembelajaran silaturahim).
Bicara kurikulum ada yang MAKRO dan MIKRO. Ada kurikulum yang KONTEKSTUAL. Kurikulum perlu komperehensif. Kurikulum itu yang tetap-KONSISTEN itu apa? Yang tetap adalah IDEAL-KONSISTENSI-LOGIKA. Sedangkan yang berubah adalah REALITA-KECOCOKAN.
Waktu itu relative. Kurikulum itu metodenya adalah INTENSIF atau sedalam-dalamnya, serta EKSTENSIF/ seluas-luasnya. Perlu mempertimbangkan RASIO, dengan melihat REALITA, pengalaman (empirical evidence). Untuk mengerti kurikulum perlu bahasa analog, lebih dari sekedar kiasan karena kurikulum menyangkut pikir juga hati. Kurikulum mempunyai tujuan yang tetap-IDEAL-KONSISTEN. Ada hukum konsisten, yaitu RUMUS, aturan, misal A=A. Ada hukum KONTRADIKSI, berbeda dalam konteks ruang, waktu, subjek, objek, misal A≠A. Dengan demikian, orang yang CERDAS akan SANTUN pada kurikulum dengan menguasai dulu sebelum melakukan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Landasan Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pendidikan Matematika (1)

Landasan Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pendidikan Matematika (1) PENGANTAR Ini merupakan pokok bahasan pertama perkuliahan “Kajian Kurikulum Matematika”, oleh Prof Dr Marsigit, M.A. Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan dan pelayanan kepada mahasiswa Program S3 Prodi Ilmu Pendidikan Konsentrasi Pendidikan Matematika, untuk membangun pemahaman dan memperoleh pengalaman mengembangkan Kurikulum Matematika dengan cara mengkaji, meneliti dan mensimulasikan Model Pengembangan Kurikulum Matematika. Kompetensi dasar sesuai dengan silabus beliau adalah “Mengkaji, memahami, menghasilkan,  mengelola dan menerapkan landasan pengembangan kurikulum matematika dan pendidikan matematika”. Kelas kami ada 9 orang perempuan semua, yaitu: Bu Salamia, Mb Rifa, Mb Puji, Mb Niken, Mb Dhian, Mb Nila (ijin), Mb Dhona, Mb Irma, dan saya. Pertemuan pertama kami tidak sampai 3 SKS karena beliau ada urusan dinas, yaitu sebagai Sekretaris Senat UNY. Beliau juga banyak tugas dinas kel

Perbandingan Filsafat Pendidikan Aliran Esensialisme dan Perenialisme

Aliran/ Aspek Esensialisme Perenialisme Konsep pendidikan ü Berakar dari filsafat idealisme dan relisme (Ornstein & Levine, 1985:189; Knight dalam Arif, 2007:176) ü Prinsip sekolah adalah mengajarkan pengetahuan dasar, belajar adalah usaha keras dan menuntut kedisiplinan, guru adalah lokus otoritas ruang kelas (Knight dalam Arif, 2007:178-180) ü K a um e s e ns i a l i s y a kin a da b e b e r a p a k e a hl i a n y a ng m e mb e rik a n kontribusi te r h a d a p k e b a ikan man u sia, di a nta ra n y a memb a ca , menuli s , d a n b e rhitun g , s e r t a t i nd a k a n   sos i a l   y a n g  rasional ü P e ndid i k a n   me r up a k a n   p e rsi a p a n   b a g i w a r ga ma s y a r a k a t y a n g b e r a d a b ü B a g i e s e nsialis dipe r lukan g u r u y a n g d e w a s a , m e ma h a mai p e laj a r a n, d a n mampu menstr a n f o r masik a n p e ng e tahu a n d a n ni l